30 Gol yang Sebaiknya Kamu Set Sebelum Beralih Ke Umur 30-an

Umur antara 20-an dan 30-an mungkin adalah satu waktu yang terbaik untuk berpetualang. Sebagian besar orang-orang fokus pada karier dan gelar mereka, tetapi ada hal-hal tertentu yang harus kamu lakukan untuk membuat kenangan tak terlupakan dan membuat diri Kamu bangga dengan apa yang kamu berhasil capai.

Banyak ide-ide yang tak terhitung jumlahnya dan bervariasi tergantung gaya hidupmu, berikut daftar hal-hal yang sebaiknya kamu coba.

1. Kunjungi benua baru.

Benua baru berarti pengalaman baru, budaya yang berbeda dan sangat banyak orang yang menarik untuk ditemui. Semua orang harus mengunjungi benua lain setidaknya sekali dalam seumur hidup, itu adalah pengalaman yang tak ternilai.

2. Perjalanan ke setidaknya 20 negara.

Setiap negara baru yang Kamu kunjungi adalah pelajaran hidup yang unik dan tak terlupakan. Semakin banyak negara yang kamu kunjungi, semakin mudah kamu membandingkan dan menarik kesimpulan dari aspek perilaku, budaya, dan ritual masyarakat. Dengan menghabiskan waktu di lingkungan yang berbeda, kita dapat belajar banyak tentang diri kita sendiri.

3. Membuat setidaknya satu teman di setiap negara yang kamu kunjungi.

Bepergian ke suatu tempat tanpa membuat teman baru adalah kerugian besar. Dengan berinteraksi dengan orang-orang lokal, kamu mungkin memiliki kesempatan untuk belajar tentang fakta-fakta rahasia tentang lokasi yang kamu datangi dan bisa menjelajahi beberapa tempat misterius. Terlebih lagi, menciptakan ikatan dengan penduduk setempat menciptakan kesempatan untuk mengetahui negara mana yang lebih murah dengan menjadi host oleh orang-orang yang sudah kamu temui.

4. Melakukan perjalanan spontan.
Tanpa perencanaan yang mendetail, pack semua hal yang diperlukan dan berangkat ke tempat yang tidak diketahui. kamu bahkan tidak harus meninggalkan negaramu, kuncinya adalah perjalanan tersebut harus dadakan, bagaimana kamu menghadpi hal yang sudah kamu putuskan dan melihat bagaimana kamu dapat menghadapi itu. Setelah perjalanan selesai, kamu akan belajar beberapa pelajaran yang luar biasa, bahwa kamu tidak selalu harus merencanakan setiap liburanmu.

Memburu penerbangan pada menit terakhir untuk tujuan yang acak mungkin menjadi titik awal untuk petualangan yang serius.

5. Belajar bahasa baru.
Apakah kamu tahu apa yang paling menyesalkan Bill Gates? Itu karena tidak belajar bahasa kedua. Selama perjalanan, itu adalah kesempatan besar untuk melatih kemampuan bahasa kamu dengan penduduk setempat. Sementara kamu berada di rumah, kamu dapat mempelajari dasar-dasarnya menggunakan buku, menghadiri kursus atau melalui program online. Dan kemudian, setelah kamu memiliki kesempatan untuk berbicara dengan penduduk asli, ini akan menjadi saat terbaik untukmu belajar.

6. Go Bungee Jumping.
Ide ini mungkin tampak gila, tapi itu hanya pemanasan jika dibandingkan ke nomor berikutnya. Bungee jumping adalah cara gila untuk menghadapi ketakutanmu dan tentunya bukan sesuatu yang sudah biasa.

7. Skydive.
Seperti yang disebutkan tadi, ini adalah hardcore. Pengalaman tak terbendung oleh gravitasi dan melihat dunia dari perspektif yang berbeda. Setidaknya beranilah memasukkan hal ini ke dalam listmu.

8. Hadapi ketakutan terburukmu.
Apa pun yang kamu takuti, sangat mungkin itu hanyalah masalah mental dan bukan bahaya nyata. Sudah banyak orang yang menderita karena Phobia. Tapi beranilah untuk menguji batas kemampuanmu dan melihat seberapa jauh kamu bisa pergi.

9. Berdiri di atas gunung.
Gapailah puncak dengan mendaki. Pemandangan dari atas sangat berharga dan unik. kamu benar-benar merasakan kekuatan alam dan melihat seberapa kecil kita jika dibandingkan dengan luasnya alam.

10. Meningkatkan stabilitas keuangan kamu.
Sebelum kamu berubah menjadi 30-an, menjadi mandiri secara finansial hampir wajib. Untuk menghindari tersesat dalam utang dan membuat uang bekerja untuk kamu dan bukan sebaliknya, kamu harus mencurahkan waktu untuk belajar keuangan.

11. Buat dana darurat pribadi kamu.
Menyimpan uang secara teratur merupakan kebiasaan hidup hemat ketika kamu dalam masalah keuangan. Kebanyakan ahli menyarankan dana darurat yang harus kamu siapkan setidaknya menutupi 3 bulan dari biaya hidup. Sementara kamu sibuk membuat impianmu menjadi kenyataan dan melakukan hal-hal gila, sadarilah bahwa kecelakaan bisa terjadi, sehingga memiliki keamanan finansial pasti sangat membantu saat kamu mencari tahu rencana alternatif untuk memecahkan masalahmu.

12. Buat bisnis sampingan online.
Saat ini, ada banyak cara untuk mendapatkan beberapa uang ekstra secara online. Contohnya menghasilkan uang dari keahlianmu dengan cara membuat kursus online atau ebook. Ini adalah cara yang bagus untuk menutupi biaya tambahan dan belajar sedikit kewirausahaan dari kehidupan nyata. Dengan bisnis online kamu bisa berbisnis dari mana saja.

13. Membiasakan diri dalam berolahraga.
Semakin tua kamu, semakin besar kemungkinan kamu akan beresiko terkena penyakit yang mengerikan. Untuk menghindarinya, fokus pada menciptakan kebiasaan sehat selama masih berumur 20-an. Tidak ada alasan untuk tidak menemukan setidaknya 20 menit sehari untuk berlatih. kamu dapat mencoba latihan angkat beban atau pergi jogging.
Tubuhmu akan sangat berterima kasih dan melayani kamu dengan baik untuk lebih lama.

14. Mulai makan sehat.
Masalah yang berhubungan dengan diet menjadi perhatian besar di dunia saat ini. Lebih dari sepertiga orang dewasa Amerika mengalami obesitas. Sebagian besar, karena diet yang tidak sehat serta gaya hidup. Merawat pola makanmu selama masih berumur 20-an adalah wajib jika kamu ingin menjaga kesehatanmu. Semakin kamu menundanya, ada kemungkinan kamu untuk tidak pernah memulai.

Singkatnya, hindari junk food dengan jumlah gula yang berlebihan, garam, dan lemak.

15. Dapatkan bentuk tubuh terbaik dalam hidupmu.
Ada beberapa keajaiban hidup seperti CT Fletcher yang mencapai bentuk terbaik tubuhnya saat dia berusia 50-an. Namun, untuk sebagian besar orang, 20-an adalah saat yang tepat untuk melakukan itu. Mendidik diri sendiri tentang gizi, mungkin berinvestasi mencari pelatih pribadi dan berkomitmen untuk sepenuhnya mengubah tubuhmu. Ada banyak transformasi di Youtube yang bisa menjadi sumber inspirasi.

Setelah kamu berada dalam bentuk terbaik hidupmu, pergilah berphoto, sehingga kamu bisa bangga dapat menunjukkan kepada cucumu bagaimana bentuk tubuh kamu dulunya.

16. Menjadi orang yang disiplin.
Disiplin diri adalah keterampilan yang sangat diperlukan saat kamu ingin menggapai impianmu menjadi kenyataan. Tanpa disiplin, kamu tidak dapat memegang teguh keinginanmu dan bekerja sampai ke tujuanmu. Menjadi seseorang yang memiliki aturan akan memberi dampak positif pada dirimu di masa depan.

Faktanya adalah, kamu dapat mengontrol diri sendiri atau membiarkan diri mengendalikan kamu. Jika kamu mengimpikan kehidupan yang bermakna, kamu pasti akan memilih opsi pertama.

17. Menjadi orang pagi.
Mayoritas orang-orang yang paling sukses memilki kebiasaan bangun pagi. Entah itu CEO, atlet terbaik dunia atau individu yang luar biasa lainnya, kebanyakan dari mereka memiliki rutinitas pagi yang sangat memberikan kontribusi untuk keberhasilan mereka.

Ritual pagi hari memberdayakan kamu dan memberi kamu keuntungan atas sisa dunia yang masih tidur sementara kamu bekerja untuk menjadi diri yang lebih baik.

18. Baca setidaknya 100 buku.
Dengan asumsi kamu mulai di umur 20 tahunan, itu berarti 10 buku setahun. Apapun masalahmu, setidaknya ada satu buku yang layak menawarkan solusi. Buku menyembunyikan nilai yang luar biasa dan pengetahuan. Fakta yang menyedihkan adalah, semakin banyak orang lebih memilih acara TV atau video game.

19. Menulis buku.
81% dari populasi merasa mereka bisa menulis buku, tetapi hanya minoritas mengambil tindakan dan mulai menulis. Yang benar adalah, setelah kamu mulai menulis, kamu adalah seorang penulis. Finishing buku menantang tapi rasa kepuasan sesudahnya pasti terbayarkan.

Memilih topik dan mengabdikan 30 menit sehari untuk menulis. Dalam satu tahun atau bahkan lebih cepat, kamu akan tidak hanya secara drastis meningkatkan kemampuan bahasamu, tetapi juga menyelesaikan buku pertama kamu.

Saat ini, ketika self-publishing menjadi semakin populer, kamu dapat melepaskan pekerjaanmu dan bahkan mungkin menemukan bahwa panggilan kamu ternyata menjadi penulis. kamu tidak tahu sampai kamu mencoba …

20. Tulis surat kepada diri masa depan kamu.
Pastikan untuk menyertakan impianmu, harapan dan rencana. Putuskan berapa lama yang diperlukan sampai kamu membuka surat itu. Setelah kamu melakukannya, itu akan menjadi pembuktian dan kesempatan untuk melihat apakah kamu menjadi yang kamu inginkan.

Jika kamu lebih memilih teknologi modern, kamu dapat menulis email ke masa depan diri kamu menggunakan layanan gratis seperti futureme.org .

21. Go offline untuk satu bulan.
Bayangkan tidak ada Facebook, Internet, atau twitter selama bulan. Tantangan 30-hari ini menguji kemampuanamu untuk menghibur diri sendiri di dunia tanpa dikuasi oleh teknologi, menghindari Internet dan komputer sepenuhnya. Untuk membuatnya lebih menantang, lupakan televisi.

Ini adalah kesempatan besar untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman dan keluarga, fokus pada gairah hidup kamu dan membaca lebih banyak buku.

22. Mengambil gambar setiap hari selama satu tahun.
Tidak ada yang lebih baik dalam mengabadikan momen selain metode ini. Setelah setahun berlalu, buatlah time-lapse yang menunjukkan potret bagaimana kamu berubah dalam 365 hari.

Menonton 20 tahun kemudian mungkin akan membuat kamu menangis.

23. Buatlah daftar hal-hal yang benar-benar membuatmu bahagia.
Dan pastikan untuk melakukan kegiatan ini sesering mungkin. kamu dapat memiliki semua uang di dunia dan karir yang paling sukses, namun kamu bisa saja tidak berbahagia. Itu karena kebahagiaan yang sesungguhnya berasal dari pengalaman, realisasi diri, dan kontribusi. Ceklah hal-hal dari daftar ini, cobalah untuk mencari tahu nomor berapa saja yang membuatmu menjadi orang paling bahagia di dunia.

Setiap kali kamu menghadapi momen sulit, ambillah daftar yang membuatmu bahagia dan mulai melakukan salah satu hal dari itu. Akibatnya, emosi buruk memudar lebih cepat.

24. Lakukan Tantangan Integritas.
Tantangan Integritas adalah ide dari Joel Runyon. Sering kali tindakan kita tidak mewakili pikiran dan komitmen kita. Fenomena aneh ini paling terlihat ketika tahun baru dimulai dan sebagian besar orang gagal untuk tetap pada resolusi mereka. Cara kerjanya sederhana. Pilih satu hal, idealnya tugas tidak nyaman seperti jogging setiap hari selama 30 menit, tentukanla kerangka waktu (misalnya 90 hari) dan kemudian hanya melakukan hal ini setiap hari tanpa gagal sekali pun sampai kamu tiba di garis finish.

Tes ini menunjukkan kelemahanmu dan pertanyaan atas kemauanmu. Namun, setelah kamu berhasil mencapainya, itu memberikan kamu dorongan motivasi besar untuk mengejar tujuan yang lebih kompleks.

25. Bantuan seorang tunawisma untuk kembali ke kehidupan normal.
Kehidupan kita tidak hanya tentang diri kita sendiri tetapi juga tentang orang-orang di sekitar kita. Ada banyak orang yang benar-benar membutuhkan bantuan namun diabaikan oleh mayoritas masyarakat. Bayangkan mendukung seorang tunawisma dengan tujuan dalam pikiran untuk membuat mereka anggota mandiri dari masyarakat lagi.

Jika kamu merasa susah, Sadarilah bahwa memberi adalah salah satu metode tercepat untuk membuat diri kamu sangat bahagia.

26. Donasi untuk sebuah yayasan lokal.
Tidak peduli seberapa besar donasimu, fakta bahwa kamu melakukannya adalah yang dibutuhkan. Bayangkan jika semua orang (yang mandiri secara finansial) menyumbangkan satu Rp 20.000 sebulan untuk yayasan pilihan. Tampaknya kecil tapi setelah kamu menambahkan semua sumbangan, jumlahnya bisa membuat perbedaan besar dalam hidup orang lain.

27. Berhenti mencari persetujuan orang lain.
Ini adalah keterampilan langka dan sangat berguna. Banyak di antara kita terlalu peduli pada pandangn orang lain menilai yang akhirnya dapat menurunkan harga diri dan kepercayaan diri serta membuat kamu berpiki berlebihan terhadap pilihan yang sederhana. Tidak lagi banyak bertanya memang benar-benar sulit, tapi itu layak untuk diperjuangkan.

28. Belajarlah untuk mengatakan tidak.
Mengatakan tidak pada saat yang tepat adalah kebiasaan yang menjamin kehidupanmu jadi lebih baik. Namun, kecenderungan pada kebanyakan orang adalah justru sebaliknya. Mereka mengatakan ya terlalu banyak dan berakhir dengan komitmen yang tidak perlu dan tanggung jawab yang tidak menambah nilai apapun untuk kehidupan mereka.

29. Membuat furniture DIY.
” Do your Self ” Adalah kebiasaan baru yang lagi popular datang dari orang-orang yang dapat dipercaya. Menciptakan furnitur sendiri dapat meningkatkan kreativitasmu, mengasah keterampilan dan menghemat uang. Kepuasan setelah menempatkan buku-buku favoritmu di rak yang kamu buat dengan tanganmu sendiri tentunya lebih membanggakan dibanding membelinya.

30. Menghabiskan malam di bawah bintang-bintang.
Menonton langit di malam hari adalah cara terbaik untuk mendapatkan buzz eksistensial. Ini skenario yang indah untuk merenungkan tentang hidupmu, rencana, dan masa depan setelah kamu berubah menjadi 30-an nanti. Mendirikan tenda di alam, membuat api unggun, mengundang orang yang kamu cintai dan bakarlah imajinasimu dengan bintang.

Menyukai artikel ini? Silahkan share ke teman-temanmu. dan mulailah membuat list yang ingin kamu capai ketika umur 30-an nanti. So, jangan ragu untuk mencontohnya sekarang juga.

Klik salah satu tombol share di bawah ini. dan bagilah ke teman-teman yang kamu cintai. lakukan bersama mereka.