Simak Tips Berikut Agar Sepatu Kesayangan Kamu tetap Awet

Halo Guys, bagi sebagian orang kebersihan sepatu adalah hal yang wajib bagi penampilan. Gak cuma kaki dan kukunya saja yang butuh perawatan, sepatu juga harus dirawat dengan baik agar tetap tampil menarik dan juga awet dipakai.

Namun sayangnya, banyak orang yang belum tahu bagaimana cara merawat sepatunya dengan baik. Bukannya jadi awet, sepatu malah jadi cepat rusak akibat salah perawatan. Tapi tenang Guys, kami kasih Tips buat kamu supaya bisa merawat sepatu kesayanganmu dengan baik.

Berikut ini adalah tips merawat sepatu agar tetap awet :

1. Perhatikan Jenis Bahan Sepatu

Lain Padang Lain Belalang, Lain Jenis Bahan Sepatu Lain pula cara perawatannya. Kamu terlebih dahulu harus tahu Apa jenis sepatumu sebelum membersihkannya. Untuk mengetahui terbuat jenis bahan apa sepatumu, kamu bisa tanyakan ke toko tempat kamu membeli sepatu atau melihat keterangan dari dos kemasan sepatumu bila ada atau juga bila sepatumu berasal dari produsen bermerek kamu bisa sedikit googling mengenai spesifikasi sepatu yang kamu beli (udah kayak gadget aja :D).

Dengan mengetahui Jenis bahan Sepatumu, kamu akan lebih mudah mengetahui bagaimana cara perawatannya dan hal apa saja yang bisa merusak sepatumu. Berikut ini kami rangkumkan berbagai bahan jenis sepatu yang biasa beredar di pasaran :

Kulit Asli

Sepatu yang terbuat dari bahan kulit asli merupakan sepatu yang memiliki kualitas tertinggi atau kualitas yang paling bagus. Tak mengherankan jika harga dari sepatu berbahan kulit asli menjadi sepatu yang paling mahal dibandingkan dengan sepatu dari jenis bahan yang lain. Walapupun harganya mahal, sepatu yang terbuat dari kulit asli sangat digemari oleh banyak orang karena sepatu ini dapat digunakan dalam waktu yang lama (tahan lama) dan kuat. Selain itu, pilihan warna dari sepatu berbahan kulit tidak terbatas pada warna-warna gelap yang biasanya lebih digemari oleh para laki-laki seperti warna coklat ataupun hitam. Akan tetapi, sepatu kulit dapat di finishing kedalam berbagai warna yang yang lebih menarik seperti warna marun, warna putih, warna krem, bahkan kedalam warna-warna yang lebih mencolok seperti warna merah, kuning, ungu, oranye, dan pink yang notabenya sangat disukai oleh para wanita. Produsen sepatu umumnya menggunakan kulit domba dalam pembuatan sepatu berbahan kulit asli. Model-model sepatu yang menggunakan kulit asli sebagai bahan pembuatannya yaitu, sepatu pantofel, sepatu moccasin, sepatu boot, dan safety shoes.

Kulit Suede

Kulit suede atau lebih sering disebut bludru merupakan bahan pembuat sepatu yang sebenarnya juga merupakan kulit. Namun proses kulit suede, bagian yang difinishing adalah bagian belakang dari kulit bukan bagian permukaan kulit tersebut. Bagian belakang kulit yang difinishing memberikan efek seperti bulu lembut yang menarik. Sepatu yang dibuat dari bahan kulit suede mempunyai berbagai varian warna. Sepatu model casual, sepatu boot, dan sepatu wanita adalah model-model sepatu yang sangat cocok digunakan dengan bahan kulit suede.

Kulit Buk

Kulit buk merupakan jenis bahan pembuat sepatu yang mirip dengan kulit suede. Perbedaan kulit buk dan kulit suede yaitu pada teksturenya. Jika kulit suede mempunyai teksture seperti bulu yang lembut, tidak hanya dengan kulit buk. Kulit buk mempunyai tekstur yang agak kasar. Perbedaan kulit buk dan kulit suede juga ada pada proses finishing penyamakan kulitnya. Model sepatu yang sering dibuat menggunakan kulit buk yaitu model sepatu-sepatu kasual. Selain pada sepatu model kasual, kulit buk juga sering digunakan sebagai bahan kombinasi dalam pembuatan sepatu boot. Sepatu yang menggunakan kulit buk dalam proses pembuatannya, mempunyai warna-warna yang beragam seperti sepatu yang dibuat menggunakan kulit suede.

Kulit Sintetis

Kulit sintesis adalah jenis bahan pembuat sepatu yang berasal dari campuran bahan-bahan kimia yang diolah di pabrik. Kulit sintesis sediri mempunyai tekstur yang mengkilat. Kulit sintesis merupakan jenis bahan pembuat sepatu yang paling sering digunakan oleh para produsen. Hal ini disebabkan oleh murahnya harga kulit sintesis disbanding dengan harga dari kulit asli. Model sepatu seperti model sepatu-sepatu formal, model sepatu kasual, model sepatu boot, serta sepatu olahraga sering kali menggunakan kulit sintesis dalam pembuatannya. Tak hanya model itu saja, model sepatu anak-anak juga sering menggunakan kulit sintesis dalam pembuatannya.

Kulit Lak

Kulit lak merupakan jenis bahan pembuat sepatu yang menyerupai kulit sintesis dikarenakan teksturnya yang mengkilap. Tekstur mengkilap pada kulit lak disebabkan oleh akhir proses finishing kulit. Kulit lak merupakan bahan pembuat sepatu yang cenderung tahan dengan air serta mempunyai cara perawatan yang cukup mudah. Dalam perwatannya, sepatu berbahan kulit lak tidak perlu disemir namun cukup di basuh atau dilap degan air saja. Kulit lak sering kita jumpai pada sepatu-sepatu PDH.

Canvas

Canvas merupakan jenis bahan sepatu yang umum dalam pembuatan sepatu sekolah. Selain digunakan dalam pemuata sepatu sekolah, jenis bahan ini juga biasa ditemukan dalam pembuatan sepatu lukis karena jenis bahan ini mudah digunakan untuk menggambar suatu objek. Sepatu yang terbuat dari bahan canvas umumnya memiliki warna hitam atau putih.

Denim

Denim merupakan jenis bahan pembuat sepatu yang juga sering disebut sebagai bahan jeans. Bahan ini menyerupai bahan canvas. Namun bahan denim atau jeans biasanya digunakan untuk membuat model sepatu casual atau sepatu sneakers. Warna dari sepatu berbahan denim ini umumnya warna biru, warna abu-abu dan hitam. Bahan denim juga tergolong bahan pembuat sepatu yang kuat dan tahan dalam waktu yang lama.

Karet

Karet adalah hasil oalahan getah dari pohon karet yang sering digunakan dalam pembuatan sepatu. Sepatu-sepatu wanita merupakan sepatu yang paling sering dibuat dengan menggunakan bahan karet. Namun di era modern ini, bahan karet juga sering dijumpai pada sepatu-sepatu pria khususnya sepatu pantopel dan sepatu kasual. Sepatu berbahan karet tergolong kedalam sepatu tahan lama dikarenakan sepatu ini mempunyai bentuk yang lentur dan tahan air.

2. Rawatlah Sepatu Berdasarkan Bahan Jenisnnya

Merawat sepatu berbahan kulit asli:

  • Bersihkanlah dengan segera sepatu yang terkena debu, karena apabila sepatu berbahan kulit terkena debu dalam waktu yang cukup lama, debu tersebut akan susah untuk dihilangkan.
  • Semirlah sepatu menggunakan warna semir yang sesuai agar sepatu terlihat tidak kusam.
  • Sikatlah sepatu menggunakan sikat yang memiliki bulu yang halus dan lembut.
    Gunakanlah sponge atau sikat yang halus saat mencuci sepatu serta gunakanlah hair dryer untuk mengeringkan sepatu.
  • Lapisi sepatu degan Koran bekas sebelum Anda keringkan meggunakan hair dryer agar panas yang didapat tidak merusak sepatu Anda.

 

Merawat sepatu berbahan kulit suede :

  • Sikatlah sepatu berbahan suede yang terkena noda menggunakan sikat khusus untuk sepatu berbahan suede.
  • Sikat sepatu yang terkena noda searah. hal ini bertujuan agar noda yang tertempel pada sepatu tidak menyebar.olesi atau gunakanlah krim khusus pada sepatu agar tidak udah terkena kotoran.
  • Hindari penggunaan hair dryer untuk mengeringkan sepatu yang basah karena hawa panas hair dryer dapar merusak permukaan sepatu.
  • Bersihkanlah sepatu sesering mungkin karena sepatu ini mudah mengeras yang menyebabkan noda akan semakin sulit untuk dibersihkan.

 

Merawat sepatu berbahan kulit sintesis dan kulit lak :

  • Sepatu berbahan kulit sintesis dan kulit lak merupakan jenis sepatu yang paling mudah untuk dirawat. sepatu ini cukup dibersihkan dengan cara di lap karena tekstur sepatu yang mengkilap mudah untuk dibersihkan dari noda.

 

Merawat sepatu berbahan kanvas atau denim

Seperti yang disebutkan diatas bahwa sepatu berbahan kanvas dan denim merupakan jenis sepatu yang tergolong sama. sehingga perawatan yang diperlukan dalam merawat sepatu ini juga sama. berikut adalah cara merawat sepatu berbahan kanvas dan denim.

  • Diamkanlah sepatu yang terkena kotoran (lumpur) hingga kotoran tersebut mongering.
    pukul sol sepatu yang satu dengan yang lain. ini bertujuan agar kotoran lepas dari permukaan sepatu.
  • Gunakanlah sikat khusus atau sikat gigi yang sudah dicelupkan kedalam air sabun untuk menyikat bagian dalam dan bagian luar dari sepatu.
  • Bilas sepatu yang sudah disikat dengan air dingin.
  • Campurkan baking soda dan air lalu gunakan campuran tersebut pada bagian dalam sepatu agar bau tak sedap dari sepatu hilang.
  • Jemur sepatu untuk dikeringkan. hindari penjemuran sepatu dibawah sinar matahari secara langsung.

 

Merawat sepatu berbahan karet

Merawat sepatu karet agar tetap awet dan tahan lama, dapat di tempuh melalui cara-cara berikut ini:

  • Simpan sepatu berbahan karet pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung (tidak lembab) karena sinar matahari akan membuat sepatu menjadi memuai.
  • Bersihkan sepatu karet yang terkena noda sebelum dimasukkan ke dalam rak sepatu. bersihkan dengan kain kering yang lembut
  • Hindari penggunaan sepatu karet pada area jalan yang terjal atau tidak rata.
  • Jangan menumpuk sepatu saat diletakkan di rak, karena penumpukan dapat merubah bentuk dari sepatu karet.

3. Hindari Aktifitas yang rentan merusak Sepatu

Selain cara perawatan yang salah, Jenis aktifitas pemakaian sepatu dalam kegiatan sehari hari juga ikut berperan menentukan seberapa lama keawetan sepatumu dapat bertahan. Nah berikut ini adalah aktifitas sepatu yang patut kamu hindari saat memakai sepatu kesayangganmu :

Jangan gunakan sepatu selama dua hari berturut-turut

Sepatu butuh waktu untuk sirkulasi udara selama 24 jam sebelum km gunakan kembali. Jika km terus menerus menggunakannya bahannya akan terus-menerus tertarik dan menjadi rapuh sehingga cepat sobek.

 

Hindari menyetir dengan sepatu tumit tinggi

Bagi km yg mengendarai mobil, hindari menggunakan sepatu tumit tinggi saat menyetir. Hal itu karena saat menginjak rem sol akan terus menerus tertekan dan menjadi cepat rusak. Menggunakan sandal saat menyetir akan lebih baik. Lalu, bagi km yang menggunakan kedaraan umum, saat pergi ke kantor bisa menggunakan sandal terlebih dulu. Ketika sampai kantor, baru kenakan sepatu favorit.

 

Jangan biarkan lembab

Jika terkena air hujan atau lembab karena keringat, angin-anginkan sebentar sepatu hingga kering. Bersihkan hingga tidak ada kotoran yang tertinggal baru simpan di kotaknya. Untuk menghidarinya dari jamur letakkan silica gel atau kapur barus dalam kotak untuk menyerap lembab.

 

Jangan menumpuk sepatu

Jangan tumpuk sepatu begitu saja tanpa kotak. Ini bisa merusak bahan dan solnya. Menumpuk sepatu berkotak-kotak juga akan merusak sepatu berada di bawahnya. Sebaiknya, gunakan rak khusus untuk menyimpan sepatu.

Sepatu selain sebagai alas kaki juga dapat menjadi penyempurna penampilan. Karena itu seperti aksesoris lainnya, sepatu sangat perlu mendapat perawatan. Untuk mencegah agar sepatu tidak berbau, jangan memakai sepatu dengan kondisi kaki yang sedang basah. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan bakteri berkembang dan akhirnya sepatu kamu menjadi berbau tak sedap.

4. Membawa Sepatu kamu ke Tempat Laundry Sepatu

Bagi kamu yang memiliki banyak aktifitas dan tidak sempat merawat sepatu sendiri, kamu bisa memakai cara alternatif dengan membawa sepatumu ke tempat Laundry. Tapi tetap ingat Guys, jangan sembarang pilih Laundry Sepatu ya… Pilihlah tempat Laundry Profesional yang khusus menyediakan Jasa Pelayanan Sepatu.

Di tempat Laundry Profesional khusus sepatu ini sepatu kamu akan dirawat dengan peralatan dan cairan khusus untuk membersihkan sepatu sesuia dengan jenis bahannya yang tentu hasilnya akan lebih maksimal dibandingkan jika kamu membersihkan sepatu kamu sendiri di rumah.

Sudah ada beberapa Laundry Professional khusus sepatu yang terkenal tersebar di Kota kota Besar di Jakarta, Bandung, Jogja dan lain lain. Nah, Khusus buat kamu yang tinggal di Makassar, kini telah hadir Jasa Laundry Sepatu Professional “D’estilo”.

Di “D’estilo” selain membersihkan sepatu kamu juga bisa merubah atau mempercantik tampilan sepatumu. Harga paketnya juga terjangkau mulai dari 25 ribu saja, dan lagi ada promo cuci 3 pasang sepatu Gratis 1 pasang sepatu juga bisa delivery di Seluruh Kota Makassar. Tunggu apalagi? Dengan harga terjangkau kamu bisa dapat kualitas perawatan sepatu yang terbaik, jika kamu berminat kamu bisa menghubungi kontaknya disini atau langsung berkunjung ke Storenya yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Km. 9 (Depan Pintu 1 Unhas, Samping Optik Inayah).

Nah itu tadi ada 4 tips yang patut kamu coba agar sepatu kesayangannmu tetap awet dan tahan lama. Semoga Bermanfaat 😀

Sumber : Dikutip dari berbagai Sumber

The following two tabs change content below.