TIM PKM – PE FISIKA FMIPA UNM OLAH LIMBAH ALAM MENJADI BAHAN MATERIAL ELEKTRONIKA

Sebuah tim penelitian Program Kreativitas Mahasiswa (PKM – PE) yang berasal dari Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) saat ini tengah melakukan sebuah penelitian yang berjudul “Sintesis Elektroda Karbon Superkapasitor Berbasis Biomassa Sebagai Piranti Penyimpanan Energi Masa Depan” di Universitas Negeri Makassar kampus Parangtambung, Senin (23/6).

Penelitian yang diketuai oleh Nur Alisya Ibrahim mahasiswa angkatan 2017 dengan anggota Heri Rahmat Suryadi dan Irmawati Amir mahasiswa angkatan 2015. Ketiga mahasiswa ini berasal dari jurusan Fisika FMIPA UNM.

Penelitian ini dilaksanakan setelah berhasil lolos seleksi pendanaan dana Hibah PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) 2019 yang diadakan oleh Kemenristekdikti.

Banyaknya persoalan sampah di Indonesia khususnya di kota Makassar yang belum dimanfaatkan lebih lanjut menjadi dasar dari penelitian yang dilakukan para mahasiswa Fisika ini. Heri Rahmat Suryadi menjelaskan perlunya kesadaran masyarakat akan sampah.

“Masyarakat pada umumnya ketika telah memakan buah, maka kulit dari buah tersebut akan dibuang begitu saja baik itu di tanah maupun di tempat sampah tanpa diolah menjadi lebih bermanfaat”, katanya.

Nur Alisya selaku ketua tim peneliti menuturkan bahwa jumlah sampah yg ada di Makassar sudah cukup memprihatinkan.

“Walaupun kulit dari buah adalah sampah organik yang dapat terurai oleh tanah, namun ketika jumlah dari sampah tersebut sudah terlalu banyak maka proses penguraian tersebut akan memakan waktu sehingga dapat mengganggu aktivitas warga”, tuturnya.

Mahasiswi asal Sidrap ini berharap jumlah sampah menjadi berkurang.

“Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan agar jumlah sampah atau limbah yang ada di masyarakat bisa berkurang dengan dimanfaatkan menjadi lebih bermanfaat serta memiliki nilai jual sehingga dapat menambah pundi – pundi keuangan di masyarakat”, tambahnya.

The following two tabs change content below.
Graphic Designer | Living in His Reality and Dreams