Sop Konro Khas Makassar Memang Paling Enak

Sobat BeMaks, berbicara soal kuliner khas Makassar memang sangat kental dengan makanan khas yang memiliki rempah-rempah paling mantap untuk diolah dengan berbagai macama masakan, sebut saja Coto Makassar, Pallu Basa, Pallu Mara, Pallu Kaloa, Sop Konro, dan Lain-lain. Kali ini kami mencoba membahas kuliner khas Makassar yang paling enak dan tetunya memiliki cita rasa yang menggoyang lidah, ingin rasanya terbang melayang dengan rasa nikmatnya yang luar biasa, yaitu Sop Konro. Berikut ini ulasanannya,

Kuliner-Makassar-Rumah-Makan-Sop-Konro-

Sop Konro

Konro Bakar

Konro Bakar

Sop Konro merupakan salah satu hidangan khas Tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Sop konro ini merupakan masakan asli khas Makassar yang tiada dua nya, memiliki kuah yang berlemak, segar dan tentu sangat nikmat untuk disantap. Paling enak menikmati Sop Konro ini dengan Burasa ataupun dengan nasi putih yang hangat.

Sop Konro Makassar pada umumnya memakai iga sapi yang direbus hingga memiliki tekstur yang enak dan empuk. Namun iga sapi pada Sop Konro Asli Makassar ini dapat dikreasikan dengan cara dibakar. Sop Konro ini di olah dengan dibakar biasanya disebut dengan Sop Konro Bakar Khas Makassar. Jajanan khas ini sangat banyak dijumpai di jalan-jalan Kota Makassar dan yang paling terkanal serta legendariss itu terletak di Jalan Daeng Tata Makassar  dan Jalan Gunung Lompobattang , sama-sama memiliki rasa yang enak dan lezat. Untuk masalah harga dijamin terjangkau berkisar antara Rp. 30.000 hingga 50.000 saja.

Maka tak aneh lagi bila Sop Konro Karebosi dan Daeng Tata ini menjadi salah satu masakan kebanggaan di Sulawesi Selatan. Kuahnya yag gurih memang sedap sekali, ditambah dengan perasan jeruk nipis segar yang menemaninya. membuat Sop Konro ini memiliki rasa yang semakin enak, gurih dan segar menggoda. Sop Konro paling enak dinikmati saat cuaca dingin atau sebagai menu makan siang dan makan malam yang istimewa.

Cara Membuat Sop Konro tentunya sangat mudah dan praktis. Hanya saja tantangan terberat dalam membuat Sop Konro adalah saat proses perebusan iga sapi yang digunakan, karena anda harus memastikan bahwa iga sapi benar-benar empuk sehingga dagingnya terlepas dengan mudah dari tulangnya ketika disantap. Untuk Resep Sop Konro Asli  Karebosi dan Daeng Tata Makassar ini benar-benar menggunakan iga sapi segar.

Namun bila anda susah mendapatkan iga sapi, anda boleh memakai daging sapi dan tulang-tulang sapi saja atau bisa juga agar isian Sop Konro anda lebih banyak, anda boleh juga menggunakan iga sapi, daging sapi dan tulang-tulang sapi agar kuah kaldunya semakin mantap dan makyus. Nah Sobat BeMaks, bagaimana, Anda tertarik mencoba membuatnya dirumah? Selamat mencoba.

Sobat BeMaks, jika anda punya tempat referensi makanan khas ini yang menurut kalian enak dan paling populer lainnya silahkan kirimkan nama warungnya/resto, alamat lengkapnya, dan kalau boleh sertakan fotonya lalu mention ke twitter @BeritaMks, dan bantu share yah!

 

Demikian aertikel ini dibuat dari berbagai sumber referensi bacaan.

Source: www.resephariini.com

Dokumentasi/Gambar: www.traverfore.com & www.ngadem.com