Pulau Lumu-Lumu

pulau lumu-lumu berjarak 28 km dari kota Makassar, termasuk kelurahan Barrang Caddi, kecamatan ujung tanah. Posisi pulau ini berada di sebelah timur P. Lanjukang, dan merupakan pulau terdekat dari tiga pulau terluar Makassar. Untuk menuju pulau ini, belum tersedia transportasi reguler, hanya tersedia perahu carteran (sekoci) 40 PK dengan biaya Rp. 600.000,- (pergi-pulang).
Pulau ini berbentuk bulat, memanjang baratlaut-tenggara. Sebaran terumbu karang yang mengelilingi pulau ini dengan kedalaman kurang dari 1 m, dan sebagian besar berubah menjadi daratan pada kondisi surut minimum. Perairan sebelah timur dan utara, merupaka alur pelayaran dengan kedalaman besar 30m, sedangkan perairan sebelah selatan sekitar 2 km dari pulau merupakan daerah gosong dengan kedalaman 5 m, kedalaman perairan antara gosong dan perairan sebelah barat P. Lumu-lumu hingga mencapai besar dari 30 m.
Walaupun luas pulau ini hanya 3,75 ha, atau hampir setengah dari luas P.Lanjukang, namun jumlah penduduknya mencapai 984 jiwa atau 30 kali dari P.Lanjukang. pulau ini merupakan pulau terdekat penduduknya denga tingkat kepadatan 262 jiwa setiap ha dan tersebar merata di seluru pulau. Tidak banyak pohon dijumpai di pulau ini. Pohon yang terdapat di pulau ini. Pohon yang terdapat di pulau ini: pohon kelapa, pohon kayu cina yang menempati sisi utara, barat dan selatan.
Jumlah masyarakat sejahtera mencapai 90% dengan mata pencarian utamanya sebagai nelayan, yang hanya menangkap ikan yang memiliki nilai jual tinggi seperti ikan sunu (grouper) dan ikan karang lainnya. Tingkat kesejahteraan masyarakat pulau ini juga tercermin dari peralatan tangkap yang digunakan sudah lebih maju dibanding nelayan tradisional, dengan menggunakan jaring insang (gill net).
Sebuah dermaga kayu terletak pada sisi timur untuk menunjang aktifitas keluar masuknya perahu. Terdapat sebuah mesjid permanen, sebuah sekolah Dasar dan sebuah puskesmas pembantu dengan satu orang suster, banyak dijumpai sumur dengan air payau dan hanya digunakan untuk kebutuhan mencuci dan mandi, sementara rumah penduduk belum banyak dilengkapi dengan jamban. Instalasi listrik dari PLN dengan 2 buah generator yang beroprasi antara pukul 18.00 – 22.00 wita, dan tersedia fasilitas telekomunikasi.
Biota yang terdapat di pesisir pulau, adalah: pandang lamun, rumput laut, kepiting, keong laut, cacing pasir, teripang, sedangkan di perairan sekitar pulau.Terdpat beberapa jenis ikan, karang lunak, karang keras, dan padang lamun.

Sumber Buku; Wisata Bahari Makassar (2006)

Sumber Gambar; http://paapaajalah.blogspot.co.id

The following two tabs change content below.

Miftahul Jannah

Be My Self Is Good

Latest posts by Miftahul Jannah (see all)