Pulau Lanjukang

Pulau Lanjukang, atau disebut juga Pulau Lanjukang, atau Pulau Laccukang, merupakan pulau terluas yang berjarak 40 km dari kota Makassar, termasuk kelurahan Barrang Caddi, kecamatan ujung tanah. Untuk menuju pulau ini dari kota Makassar, belum ada transportasi reguler, namun bagi wisatawan dapat menggunakan perahu carteran (sekoci) dengan mesin 40 PK untuk 10 penumpang dengan biaya sewa Rp.1.000.000 (pulang-pergi).
Bentuk pulau ini memanjang baratdaya-timurlaut, dengan luas mencapai lebih 6 ha, dengan rataan terumbu yang mengelilingi seluas 11 ha. Pada sisi timur merupakan daerah yang terbuka dan terdapat dataran yang menjorok keluar (spit). Sedangkan di sisi barat bagian tengah, terdapat mercusuar, vegetasi di pulau ini cukup padat, dengan sebaran pohon merata, didominasi oleh pohon pinus dan pohon kelapa serta pohon pisang dibagian tengah pulau.
Sarana umum yang tersedia masih relatif sangat terbatas. Fasilitas pendidikan dan kesehatan belum tersedia. Beroprasi antara pukul 17.30-21.00 Wita. Terdapat sebuah sumur air payau dibagian tengah pulau untuk kebutuhan sehari-hari. Kita juga dapat menjumpai dua buah warung kecil dengan barang dagangan yang sangat terbatas. Selain itu terdapat sebuah mushallah semi permanen. Pemukiman penduduk terkonsentrasi disisi utara pulau yang relatif lebih aman pada musim timur dan barat.
Pulau ini belum dilengkapi dengan fasilitas dermaga kapal. Disisi bagian barat, pada surut terendah terdapat rataan terumbu karang yang mencapai jarak 1 km dan dan pada jarak 2 km terdapat daerah yang mempunyai kedalam yang curam hingga lebih 100 m. Wilayah perairan disisi selatan, timur, dan utara pulau ini merupakan alur pelayaran kapal.
Fasilitas resort sudah tersedia berupa 2 buah bangunan rumah batu semi permanen sebagai gues house bagi wisatawan ke pulau ini. Walaupun fasilitas sangat terbatas, bagi mereka yng menyenangi suasana alami, pulau ini salah satu tempat ideal bagi mereka yang ingin melakukan camping atau sekedar berjemur di pantai pasir putih yang indah dan bersih, atau bagi mereka yang gemar bersnolking disekitar perairan pulau ini, panorama taman laut dan keanekaragaman biotanya dengan laut yang bersih menjadi daya tarik tersendiri.
Kondisi terumbu karang disekitar pulau umumnya masih baik dan sangat menarik untuk kegiatan snorkling. Kita dapat menjumpai berbagai jenis spesies karang, karang lunak, ikan karang, dan ikan hias, serta biota lautnya. Umunya, pulau ini dimanfaatkan oleh wisatawan pemancing sebagai tempat transit, sebelum meneruskan ke perairan pulau taka Bakang dan Pulau Marsende (wilayah perairan kabupaten pangkajenne kepulauan) untuk kegiatan “sport fishing”.

 

Sumber Buku; Wisata Bahari Makassar (2006)

Sumber Gambar; http://aeronusantara.blogspot.co.id

The following two tabs change content below.

Miftahul Jannah

Be My Self Is Good

Latest posts by Miftahul Jannah (see all)