Pulau Kodingareng Lompo

Pulau Kodingareng Lompo. Pulau ini termasuk dalam kelurahan Kodingareng, kecamatan ujung tanah, Kota Makassar, dan berjarak 15 km dari Makassar. Bentuknya relatif memanjang menjorok keluar (spit), pulau ini mempunyai luas 14 Ha. Untuk menuju pulau ini dari Makassar, tersedia transfortasi reguler dengan biaya Rp. 6000,- per penumpang sekali jalan dengan menggunakan kapal motor. Tersedia juga perahu motor carteran (sekoci) 40 pk, dengan biaya Rp.400.000,- (pulang pergi).
Jumlah penduduk di pulau ini kurang lebih 4170 jiwa, dengan mata pencarian 90 % sebagai nelayan, 9% pa’balong, dan sisanya usaha lainnya. Alat tangkap yang dominan adalah pancing dan purse. Konsentrasi penyebaran penduduk merata, dengan jenis bangunan rumah panggung dan rumah batu. Pada sisi timur terdapat 2 buah dermaga yang berdekatan, yaitu: dermaga kayu buat kapal motor (reguler) dan speed boat.
Fasilitas di pulau ini cukup maju dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya. Instalasi listrik dengan generator yang beroperasi selama 12 jam. Terdapat 2 buah Sekolah Dasar, 1 buah taman kanak-kanak, sarana ibadah: 2 buah mesjid dan 2 buah mushallah, dengan fasilitas kesehatan berupa 1 buah posyandu bantu, juga terdapat pos obat desa (POD) melalui program NGO plan Internasional dan terdapat 1 buah lapangan sepak bola.
Perairan sebelah timur, utara dan selatan memiliki kedalaman diatas 20 m pada jarak antara kurang lebih 0.2 mil sedangkan perairan disebelah barat pada jarak kurang lebih 0.5 mil dari pantai mempunyai kedalaman 20 m.
Panorama bawah air yang asri masih dapat dijumpai dibeberapa spot di wilayah perairan pulau ini. Sejumlah jenis biota yang dapat kita jumpai di perairan ini, adalah: bulu babi, ubur-ubur, kepiting, bintang laut, beberapa jenis ikan, seperti: beseng-beseng, giru, leto-leto, cepa, belawas, (sejenis baronang).

sumber Buku Wisata Bahari Kota Makassar (2006)

sumber gambar

The following two tabs change content below.

Miftahul Jannah

Be My Self Is Good

Latest posts by Miftahul Jannah (see all)