Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke

Pulau ini terletak di sebelah utara P.Kodingareng Lompo, dan berjarak 14 km dari Makassar, bentuk pulaunya memanjang timurlaut-baratdaya, dengan luas kurang lebih 1 Ha. Pada sisi selatan pulau, pantainya tersusun oleh pecahan karang yang berukurang pasir hingga kerikil, sedangkan pada sisi utara tersusun oleh pasir putih yang berukurang sedang halus dan bentuknya berubah mengikuti musim barat dan timur. Tidak tersedia transportasi reguler menuju pulau ini, namun dapat menggunakan perahu motor carteran (sekoci) 40 PK dengan biaya Rp. 500.000,-(pergi pulang).
Tidak tercatat adanya penduduk di pulau ini, namun dalam 7 tahun terakhir ini terdapat beberapa bangunan peristirahatan seni permanen bagi wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Bangunan dikelola oleh seorang warga negara Belanda, dan telah menanamkan kembali beberapa pohon pinus. Pada sisi barat terdapat dataran penghalang yang terbentuk akibat proses sedimentasi yang tersusun atas material pecahan koral.
Ada pasang terendah, terdapat dataran yang cukup luas dibagian barat pantai. Perairan sebelah barat laut merupakan daerah yang cukup luas dengan kedalaman kecil dari 5 meter hingga mencapai 2,5 km dari garis pantai, sedangkan diperairan sebelah timur dan selatan merupakan alur pelayaran masuk dan keluar dari pelabuhan samudra Makassar.
Tersedia fasilitas resort standar bagi wisatawan, dan perairan di sekitar pulau ini merupakan tempat yang ideal bagi mereka yang menyukai snorkling. Kondisi terumbu karang yang umunya terjaga dengan baik, dengan ikan-ikan karangnya yang cantik membuat panorama bawah lautnya semakin asri. Bagi anda yang tidak menggemari snorkling/diving, dapat anda menikmati hamparan pasir putihnya.

Sumber Buku; Wisata Bahari Makassar (2006)

Sumber Gamabar; http://panduanwisata.id

The following two tabs change content below.

Miftahul Jannah

Be My Self Is Good

Latest posts by Miftahul Jannah (see all)