Pisang Epe, Jajanan Khas Makassar yang Menggoyang Lidah

Sobat BeMaks, Pisang Epe adalah sebuah jajanan unik yang akan banyak anda temui ketika berkunjung ke kota anging mammiri, Makassar. Untuk mencoba jajanan khas Kota Makassar ini tidaklah sulit untuk menemukan jajanan ini, karena hampir disetiap sudut Pantai Losari terdapat penjual Pisang Epe, karena itu wajib hukumnya mencobanya ketika berkunjung ke Pantai Losari.

Tidak salah lagi Makassar tidak hanya kaya akan tempat wisatanya, seperti Pulau Samalona di Makassar, benteng Fort Rotterdam, dan Pantai Losari. Tetapi juga kaya dengan makanan khasnya, termasuk Pisang Epe ini. Pisang Epe yang menjadi jajanan favorit bagi orang yang mengunjungi pantai Losari ini berbahan dasar dari pisang, tepatnya Pisang Raja yang belum terlalu masak dan tidak lembek.

Penjual Pisang Epe' di Pantai Losari, Makassar

Penjual Pisang Epe’ di Pantai Losari, Makassar

Nah, Sobat BeMaks, Kata “epe” sendiri berasal dari bahasa Makassar yang berarti “jepit”. Jadi, Pisang Epe secara lengkap bisa diartikan menjadi pisang bakar yang dijepit dan menjadi gepeng. Sebuah nama yang unik untuk sebuah cara memasak pisang. Yah, tidak masalah, nama yang unik biasanya membuat sesuatu lebih mudah di ingat dan dikenal.

Sesuai dengan namanya, cara memasak Pisang Epe ini juga unik. Apabila pada umumnya pisang dimasak dengan cara di goreng atau direbus, ada pengecualian untuk jajanan khas Makassar ini. Cara memasaknya adalah dengan dipangang diatas bara api, setelah sebelumnya dipress (di epe) hingga menjadi gepeng. Unik bukan cara memasaknya?

Pisang Epe yang telah gepeng dan dipanggang di atas bara api itu lalu disiram dengan saus sebagai topping yang bahan dasar utamanya adalah gula merah yang dicairkan. Namun pada perkembangannya, jenis saos untuk menyiram pisang epe yang selesai dipanggang menjadi bervariasi. Ada yang rasa coklat, durian dan bahkan ada beberapa penjual yang menggunakan keju sebagai bahan toppingnya.

Sobat BeMaks, Untuk menikmati jajanan khas kota Makassar ini, tidak perlu mengeluarkan uang banyak, karena harga dari satu porsi Pisang Epe cukup murah dan terjangkau, cuma dengan enam ribu rupiah hingga belasan ribu rupiah saja anda sudah bisa menikmati satu porsi Pisang Epe yang berisi tiga buah pisang di dalamnya. Ditambahkan dengan segelas teh tawar hangat sebagai pelengkap, akan menambah kelezatan Pisang Epe. Terutama jika menikmati pisang ini di sore hari sambil menikmati matahari terbenam di Pantai Losari. Nah, mau coba memakan Pisang Epe di tepi Pantai Losari? Sobat BeMaks, Nikmat bukan.

 

Demikian artikel ini dibuat dari berbagai sumber referensi bacaan.

Source: www.indonesiawow.com

Dokumentasi/Gambar: www.notesofnomads.com