Percakapan Dengan Pavel Durov

Pada TechCrunch Disrupt yang lalu di San Francisco, wirausahawan teknologi berbagi pelajaran dan wawasannya tentang startup, strategi, dan apa artinya menjalani kehidupan yang baik.

Pavel Durov adalah individu yang brilian dengan pencapaian luar biasa. Dia merevolusi Internet Rusia dengan mendirikan VKontakte, aplikasi jejaring sosial terbesar Rusia. Dia telah menjalani hidup sebagai nomad internasional setelah jatuh dengan Putin ketika ia dipaksa untuk menjual startup-nya.

Dia juga mendirikan Telegram, aplikasi perpesanan yang lebih aman dan unggul dari WhatsApp. Advokasi untuk komunikasi yang aman dan libertarianisme, Durov adalah seorang pria yang berpikir secara mandiri dan setajam pemikirannya saat ia berada dalam eksekusinya.


Dimana kamu besar?

Saya lahir di Leningrad, Uni Soviet, sebelum ayah saya mendapat janji di sebuah universitas di Italia dan kami pindah ke Italia. Saya menghabiskan beberapa tahun di sana sebelum keluarga saya kembali ke Rusia. Saya dibesarkan di St. Petersburg.

Apakah ada momen penting di masa kecil Anda?

Pada perjalanan pertama ke Italia ketika keluarga saya pindah, saya ditinggalkan bersama nenek saya. Saya belajar bahwa saya harus mengandalkan diri sendiri. Saya berusia empat tahun, orang tua saya hilang, saudara laki-laki saya juga bersama mereka dan saya harus mencari cara untuk menghabiskan waktu saya. Nenek saya adalah wanita tua dan dia tidak bisa bermain dan dia juga bekerja. Itu momen yang menarik dalam hidupku.

Apa saja pengaruh awal Anda?

Jelas saudara laki-lakiku sangat berpengaruh. Saudaraku adalah seorang jenius. Ketika kami pergi ke Italia, dia berada di saluran televisi lokal sebagai keajaiban, yang bisa memecahkan persamaan matematika yang sangat canggih. Dia baru berusia tujuh atau delapan tahun tetapi dia bisa memecahkan masalah matematika untuk anak-anak berusia empat belas tahun. Dia benar-benar mahir dalam matematika. Dia membaca banyak literatur dan dia sangat pintar. Ketika dia di sekolah, dia memenangkan hampir semua kompetisi matematika. Saya belajar banyak dari dia. Saya bertanya kepadanya tentang segala hal. Saya sangat bersyukur untuk itu.


Apa buku yang paling mungkin Anda berikan kepada teman?

Arus oleh Mihaly Csikszentmihalyi.

Pada topik itu, bagaimana Anda mengelola emosi Anda?

Pertama-tama, saya telah melakukan yoga selama beberapa waktu. Yoga dan meditasi. Dan Anda tahu, pada titik tertentu Anda mulai menyadari bahwa pikiran kita dalam pengertian neurologis yang dikendalikan oleh tubuh kita. Kita harus belajar untuk merekayasa balik pikiran kita dan tubuh kita, untuk mengidentifikasi alasan sebenarnya bagi emosi kita. Jika Anda bisa melakukannya, Anda benar-benar dapat mengubah lingkungan dan menyingkirkan faktor-faktor tertentu yang memengaruhi keputusan Anda.

Bagaimana Anda memastikan bahwa Anda berpikir secara strategis?

Ia sedang memikirkan dan mengevaluasi berbagai pilihan, tentang apa yang dapat Anda lakukan hari ini, minggu depan, atau tahun ini. Anda tidak boleh menyerah sampai Anda menemukan sesuatu yang sangat menggairahkan Anda. Jika Anda ragu tentang keputusan, tidurlah dan lihat bagaimana perasaan Anda ketika Anda bangun.

Hal apa yang Anda atasi untuk menyelesaikan sesuatu?

Saya pikir gairah, rasa ingin tahu dan kemampuan untuk menyederhanakan proses. Sederhanakan berarti memotong segala sesuatu yang berlebihan, berlebihan, dan hanya fokus pada intinya.

Apa yang akan Anda ceritakan kepada lelaki yang dulu sibuk dengan banyak proyek dan perlu mencari fokus?

Saya pikir saya akan mengatakan kepadanya untuk terus mencari. Mereka harus membaca buku-buku yang tidak ada hubungannya dengan bisnis dan teknologi. Berilah pikiran Anda istirahat dan berikan waktu untuk memikirkan hal-hal.

Ini adalah pertanyaan Peter Thiel. Kebenaran penting apa yang Anda yakini bahwa hanya sedikit orang yang setuju dengan Anda?

Saya pikir orang harus diizinkan untuk mengatur diri sendiri lebih banyak. Pemerintah harus lebih kecil. Faktanya, pemerintah dan negara pada umumnya kurang penting daripada yang kita pikirkan. Mereka mengambil kredit untuk proses yang tidak ada hubungannya dengan mereka. Saya percaya pada pemerintah kecil atau tidak ada pemerintah. Saya pikir mayoritas orang ingin memiliki pemerintahan yang besar, kakak laki-laki yang mengurus mereka.

Apa kesuksesan untuk Anda?

Saya pikir kesuksesan adalah tentang menjadi bersemangat tentang hal-hal yang Anda lakukan dan apa yang Anda fokuskan.

Apa yang Anda butuhkan untuk bahagia?

Orang memberi terlalu banyak perhatian pada status sosial. Misalnya, apa bedanya apakah Anda tinggal di London atau di desa kecil? Dengan internet, itu tidak membuat perbedaan. Sebenarnya lebih sehat untuk tinggal di desa. Udara yang lebih baik dan jauh lebih murah. Orang memilih untuk tinggal di kota-kota yang mahal dan kemudian mereka membayar banyak uang sewa. Satu-satunya alasan mereka tinggal di sana adalah agar mereka mendapatkan pekerjaan yang akan memberi mereka cukup uang untuk membayar sewa dan membayar barang-barang mahal. Ini lingkaran setan.

Bagaimana Anda menyederhanakan hidup Anda?

Anda harus menyingkirkan suara orang lain di kepala Anda. Kami sangat dipengaruhi oleh orang-orang di sekitar kita. Keluarga kita, teman-teman kita, apa yang mereka percayai adalah kesuksesan dan bukan, dan apa yang baik dan buruk. Kita harus menyingkirkan itu sepenuhnya. Di satu sisi kita harus mulai mengabaikan semua hal yang orang lain pikirkan atau katakan tentang apa yang kita lakukan. Setelah itu kita harus fokus pada apa yang kita butuhkan.

Bagaimana kamu melakukannya?

Habiskan lebih banyak waktu sendirian atau dalam keheningan dan berbahagialah tentang hal itu dan tidak dengan cara yang menyedihkan. Orang kecanduan perusahaan orang lain. Sebagai contoh, di sini di AS dua orang merasa canggung ketika mereka duduk diam bersama. Sangat menyenangkan, orang-orang baik satu sama lain, tetapi kadang-kadang Anda harus memiliki ruang ini yang tidak terpengaruh oleh orang lain.


Apa yang penting dalam membuat perusahaan Anda sukses?

Beberapa orang memiliki sifat membangun hal ini. Mereka ingin tahu apa yang akan terjadi setelah mereka membangun sesuatu. Bagi saya bahkan lebih dari itu. Saat paling menarik adalah ketika Anda membangun sesuatu, yang dapat digunakan oleh orang lain untuk membangun sesuatu yang lain. Dengan kata lain, ketika Anda membangun platform. Ketika saya pertama kali menemukan Internet, saya kagum dengan bagaimana Anda dapat membangun sebuah situs web dan orang lain akan datang dan memposting konten mereka sendiri. Saya memulai proyek pertama saya VKontakte dengan mengingat hal itu.

Apa ciri paling penting bagi seorang pendiri?

Salah satu yang sudah saya sebutkan, cinta untuk membangun sesuatu. Keingintahuan, disiplin diri dan semangat. Dan ketekunan.

Bagaimana Anda bisa fokus namun tetap menarik dari banyak wawasan yang berbeda?

Apa yang tidak disadari orang tentang laki-laki renaissance atau Julius Cesar adalah orang-orang ini bukan multitasking dalam arti bahwa mereka mampu melakukan beberapa hal sekaligus. Beberapa dari mereka mungkin bisa melakukan itu, tetapi hal utama tentang itu adalah bahwa mereka memilih area dan mereka fokus sepenuhnya untuk membangun itu. Misalnya, membangun patung. Kemudian mereka beralih ke lukisan, dan membuat lukisan yang bagus. Pada saat yang tepat dalam waktu mereka fokus 100% pada satu tujuan tertentu. Mereka tidak mencoba melakukan semuanya sekaligus. Satu per satu. Anda dapat melakukan banyak hal, tetapi dalam waktu yang berbeda.

Bagaimana cara Anda menyeimbangkan antara pikiran dan eksekusi?

Saya pikir ada pembagian alami di antara hal-hal itu. Pada hari kerja, Anda fokus pada eksekusi dan pada akhir pekan Anda memperkecil sedikit dan memikirkan keseluruhan gambar.

Ketika ada sesuatu yang akan mempengaruhi Anda bagaimana Anda memastikan bahwa itu tidak mempengaruhi Anda?

Biasanya, ketika sesuatu terjadi, sesuatu yang tidak dapat saya ubah, saya lebih memilih untuk fokus pada hal-hal yang baik, karena selalu ada hal-hal baik dan buruk untuk setiap kejadian, bahkan yang paling tragis. Anda hanya perlu melihat mereka dan fokus pada mereka. Tidak ada gunanya untuk tetap sedih tentang sesuatu yang tidak dapat Anda ubah. Anda harus beradaptasi dengan situasi dan berpikir apa yang dapat Anda lakukan dengan apa yang Anda dapatkan.

Bagaimana Anda mengurasi hubungan Anda?

Ini sangat mudah bagi saya. Saya berkomunikasi 90% dari waktu dengan orang-orang yang bekerja dengan saya. Sisanya 10% dengan saudara saya, terutama saudara laki-laki saya tetapi saya bekerja dengannya.

Nasihat apa yang akan Anda berikan kepada diri Anda yang lebih muda?

Mungkin saran yang paling penting adalah jangan terlalu gugup soal ini. Saya dalam bisnis yang penuh tekanan dan sekarang saya mengerti lebih baik bahwa Anda selalu harus tetap tenang.

Jika bisa makan malam dengan siapa pun dalam sejarah, siapa yang akan Anda makan malam bersama?

Julius Caesar akan menjadi orang yang baik untuk ditemani. Ini adalah seorang pria yang adalah seorang penulis, seorang penyair, dan jenderal, seorang politikus, dan seorang pendeta. Saya pikir itu kombinasi yang bagus. Anda bisa belajar banyak dari kepribadian multi-fungsi itu.

Artikel asli di: https://www.huffingtonpost.com/patrick-daniel/a-conversation-with-pavel_b_9073762.html