Kue Buroncong: Kue Khas Makassar yang Legendaris

Sobat BeMaks, pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan khas yang satu ini, kue yang konon sudah ada sejak zaman nenek moyang kita dahulu.

Kue Buroncong

Kue Buroncong

Kue buroncong khas makassar adalah salah satu kue yang hingga kini masih diminati, bentuknya mirip dengan pukis yang berbentuk setengah lingkaran. Kue ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan parutan kelapa muda, soda kue, gula dan juga santan. Biasanya menu ini dinikmati dikala masih hangat di pagi hari sebagai menu sarapan. Selain itu kue ini juga bisa disajikan bersama minum teh atau kopi pada waktu bersantai bersama keluarga. Jika anda berada di kota Makassar tentu tidak asing dengan makanan ini.

kue_baroncong (1)

Kue Buroncong

Cara membuat kue buroncong ini adalah dengan memanggangnya dalam cetakan di atas bara api yang berasal dari kayu bakar. Kue buroncong saat ini agak sedikit sulit untuk ditemukan, tapi ternyata masih banyak orang yang menggemari kue ini. Menikmati kue buroncong bisa menjadi salah satu alternatif untuk bernostalgia tentang masa lalu.

Konon kue ini sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu, malah mungkin ratusan tahun lalu oleh masyarakat Sulawesi Selatan pada umumnya.  Memang belum ada sumber atau data yang tahu betul kapan asal mula pastinya kue tradisional ini ditemukan.

Kue ini punya beberapa nama lain seperti buroncong, baroncong atau guroncong. Nama-nama tersebut adalah penyebutan orang Bugis untuk kue tersebut. Kue buroncong dulunya dijajakan secara berkeliling menggunakan gerobak dorong atau pikulan. Penjual Kue buroncong akan berkeliling pada pagi hari dan siang hari untuk mencari pembeli. Tapi sekarang sudah banyak penjual yang membuka dagangannya di rumah. Jadi, kita tidak perlu lagi untuk menunggu lama mereka muncul jika kita ingin menikmati Kue buroncong ini.

Kue Buroncong

Kue Buroncong

Nah, Sobat BeMaks, itulah tadi ulasan mengenai kue buroncong khas Makassar, Sulawesi Selatan yang legendaris dan hingga saat ini masih sangat digemari oleh masyarakat pada umumnya.

Demikian artikel ini dibuat dari berbagai sumber referensi bacaan.

Source: www.travelmatekamu.com

Dokumentasi/Gambar: www.southcelebes.wordpress.com