Ini alasan kenapa Xiaomi Mi 4i sangat menggoda untuk kamu miliki.

Kamu sedang cari Smartphone baru? Nah kebetulan kami ingin review gadget baru dari Xiaomi yang lagi naik daun yaitu Xiaomi Mi i4. Kenapa diburu-buru? Apakah karena sudah bisa 4G saja? Seperti apa performa, kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 4i ini? Yuk, simak review selengkapnya berikut ini:

Fitur Utama

  • Jaringan GSM/HSPA/LTE 4G (150/50Mbps)Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
  • Layar IPS 5.0″ 1080x1920px (441ppi)
  • Prosesor 64 bit octa-core Snapdragon 615
  • Octa-core Cortex-A53 CPU (4x 1.7GHz plus 4x 1.0GHz), 2GB RAM, Adreno 405 GPU; Qualcomm Snapdragon 615 chipset
  • Kamera 13MP autofocus , dual-LED (dual-tone) flash; HDR, Panorama, Kamera depan 5MP
  • Merekam video 1080@30fps, 480p@120fps
  • Kapasitas memori Internal 16GB
  • Wi-Fi b/g/n; Bluetooth 4.1;
  • GPS/GLONASS; FM radio; microUSB
  • Kapasitas Baterai 3,120 mAh
  • Android 5.0.2 dengan grafis antramuka MIUI v6.0

Kekurangan

  • Memori internal tidak bisa ditambah. Tidak ada slot microSD.
  • Tidak ada NFC
  • Baterai tidak bisa diganti.
  • Cepat panas

Paket penjualan

  • Handset Xiaomi Mi 4i
  • Kepala Charger
  • Kabel USB
  • Buku Manual
  • Kartu Garansi

Penjelasan lebih lengkap

Desain dan bodi

Dengan bobot 130gr dan ketebalan 7.88mm ponsel ini memiliki desain yang ‘manis’ seperti smartphone flagship.
Saat menggenggam Xiaomi mi i4 ini terasa nyaman dan kokoh. Sayang karena permukaannya yang licin, Mi 4i mudah terpeleset saat dibekap telapak tangan. Baiknya gunakan soft cover atau hard cover agar pegangan Anda jadi mantap. Bodi Xiaomi Mi i4 ini juga anti noda. Noda coretan pulpen akan dengan mudah dihapus.

Tampilan, konektifitas, dan baterai

Ponsel ini dibekali layar 5 inci resolusi Full HD.

xiaomi_mi_i4_side2

detikInet

Layar Dengan Teknologi Sunlight Display yang secara dinamis dapat mengatur kontras pada piksel untuk menampilkan gambar yang jernih. Artinya tampilan layar pun terlihat terang meski di bawah paparan sinar matahari.

xiaomi_mi_i4_digenggam

teknoUp

Xiaomi Mi 4i memiliki layar berteknologi OGS (One Glass Solution) yang menyatukan IPS LCD
Dengan resolusi 1080 x 1920 piksel, dan memiliki tingkat kerapatan 441ppi. Tampilan layar Mi 4i pun sangat memukau.

Xiaomi menggunakan layar buatan Sharp atau JDI di Mi4i tergantung batch produksinya. Layar IPS buatan kedua produsen menjanjikan wide-viewing agle mencapai 178 derajat dan mengusung teknologi OGS. Kepadatan pixel-nya juga mumpuni mencapai 44i pixel per inch (ppi).

Konektivitas

  • Xiaomi Mi 4i mendukung LTE di kedua slot GSM Sim-nya.
  • Wifi a/b/g/n/ac
  • Blutooth 4.1,
  • GPS and GLONASS,
  • FM radio
  • Micro Usb 2.0 port untuk mengisi daya dan transfer data melalui koneksi usb.
  • Mendukung juga USB On-the-go bisa terhubung dengan Pen Drives, keyboards, atau usb flash drive.

Baterai

64 Jam waktu stand by yang artinya kamu bisa membawanya dua setengah hari. Berikut ini hasil ketahanan baterai yang dilakukan oleh GSM Arena.

gsmarena_001

gsmarena

Dilengkapi teknologi Quick Charge charge selama 1 jam dari kosong baterai akan terisi hingga 40 persen. Xiaomi pun mengkalim bahwa daya tahannya dapat digunakan untuk menonton video HD selama 1 jam, atau digunakan untuk menelpon dijaringan 3G selama 35 jam, atau memainkan musik selama 59 jam. (TeknoUP)

Tampilan Tatap muka

Xiaomi Mi 4i beroperasi menggunakan MIUI 6, istimewanya MIUI 6 yang digunakan Mi 4i sudah berbasis Android 5.0.2 Lollipop. Tak seperti Redmi 2, MIUI 6 yang dikenakan masih berdasarkan Android KitKat.

xiaomi_mi_i4_tampilan tatap muka xiaomi_mi_i4_tampilan tatap muka 2

Sayangnya, setelah ditelusuri lebih lanjut, secara default antarmuka Mi 4i tampak sama saja seperti MIUI 6 berbasis KitKat. Tidak terdapat peningkatan fitur-fitur yang diunggulkan pada Android Lollipop, seperti tampilan bar notifikasi dan akses notifikasi di lockscreen yang lebih baik. (TeknoUP)

Performa

Hasil Benchmark (TeknoUp)

  • Antutu 38.574 poin
  • Quadrant Standard 22.046 poin
  • Nenamark 2 60,0 fps
  • Epic Citadel 57,5 fps
  • Multitouch Tester 10 titik

Mengadopsi processor octa-core 64 Bit dari Chip Qualcomm Snapdragon 615 dengan RAM 2GB. Secara keseluruhan, performa Xiaomi Mi 4i terasa belum optimal, MIUI 6 berbasis Lollipop pada Xiaomi Mi 4i terkadang masih terasa berat. Beberapa efek transisi pada homescreen masih menjumpai lag. Ketika TeknoUp coba menjalankan game Plant vs Zombie 2, memang dapat dilahap tapi tampilan grafik tidak smooth dan terkesan tersendat-sendat. Sebenarnya, Xiaomi juga menyediakan mode performa. Namun, jika diaktifkan selain baterainya cepat terkuras, bagian belakang Mi 4i terasa cepat panas.

Penggunaan resolusi 1080p pada Mi 4i memang menjadi daya tarik tersendiri, layar mampu tampil prima. Namun, resolusi tinggi itu memaksa CPU dan GPU bekerja lebih keras serta lebih berat dalam me-render grafis saat menjalankan aplikasi, imbasnya beberapa aplikasi tidak berjalan dengan begitu mulus.

Buat kamu yang ingin mengetahui lebih jelas bisa langsung ke ulasannya di GSM ARENA 

Kamera

Bukan Kamera Abal-abal. Kualitas kamera Xiaomi Mi 4i bisa dibilang masuk kategori kelas atas, Xiaomi bilang kamera Mi 4i menggunakan komponen bikinan Sony dan Samsung. Yang mana pakai komponen Sony, yang mana pakai komponen Samsung tergantung batch produksinya. Xiaomi tak membeda-bedakan secara fisik, tapi dijanjikan kualitas keduanya tak akan berbeda satu sama lain. Secara fisik kamera Mi 4i memiliki 5 elemen lensa dan bukaan sebesar f/2.0. (DetikInet)

Xiaomi membekali kamera utama Mi 4i dengan besaran sensor 13MP (4128 x 3096 piksel) dengan aperture f/2.0 dan dilengkapi pula dual-LED (dual tone) flash dua warna. Sementara, kamera depannya berukuran 5 MP dengan wide angle hingga 80 derajat.

1233_32419_1_mid

teknoUp

Yang menarik adalah mode pengambilan gambar manual telah ditingkatkan kemampuannya, jika pada Redmi 2 hanya sebatas untuk mengatur white balance dan ISO. Pada Mi 4i Anda bisa turut mengatur exposure dan focus. Untuk white balance, terdapat empat pilihan, untuk kondisi cahaya standar dalam ruangan, cahaya terang dalam ruangan, terang matahari dan kondisi diluar ruangan dalam keadaan mendung. Sedangkan, untuk mengatur titik focus dapat dilakukan dengan cara menggulirkan ke atas dan bawah. Dan untuk exposure time ini bisa diatur hingga 2 detik, yang berfungsi untuk menjepret objek tertentu dalam ruangan gelap, tapi pastikan Mi 4i dalam genggaman yang stabil. Nah, terakhir ISO dapat disetel hingga ISO 3200, jadi keadaan remang pun bisa jadi terang, meski harus merelakan noise hadir disana sini. Secara keseluruhan, performa dan hasil jepretan Mi 4i tergolong mumpuni di segala kondisi.

Berikut hasil rekam Video menggunakan Xiaomi Mi i4 oleh GSM Arena

Browser dan Aplikasi bawaaan lainnya

xiaomi_mi_i4_browser

Browser. GsmArena

xiaomi_mi_i4_filebrowser

File Manager. GSMArena

xiaomi_mi_i4_soundrecorder

Recorder, Notes, Calculator, Weather. GSM Arena

xiaomi_mi_i4_maps

Aplikasi kompasnya makin menarik. Tampilan antarmukanya bersih dan manis, menampilkan arah dengan baik. jika ponsel diangkat maka akan muncul Augment Reality dari arah yang akan ditempuh.

Kesimpulan

Berikut kesimpulan yang kami himpun dari berbagai media teknologi.

DetikNet

Dengan harganya yang berada di angka Rp 2,7-2,9 juta tergantung jalur penjualannya, Mi4i bisa dibilang layak mendapat bintang. Cukup sulit menemukan ponsel dengan spesifikasi yang sama di rentang harga ini. Belum lagi ditambah kemampuan kameranya yang membuatnya jadi makin sulit dikejar. Sayang kelemahan OS MIUI yang makan resource besar dan terkadang ngelag memberi sedikit noda bagi Mi4i.

TeknoUP

Xiaomi Mi 4i merupakan smartphone yang nyaris sempurna, mengusung desain manis, layar kinclong, spesifikasi mumpuni dikelasnya, kamera bersensor tinggi dan baterai yang cukup besar. Dibanderol Rp 2.799.000, Xiaomi Mi 4i pun menjadi pilihan yang sangat menggoda. Sayangnya, tak ada yang sempurna, pengguna harus puas dengan internal memori 16GB yang belum dibagi oleh sistem, ketiadaan slot microSD menjadi pengorbanan yang besar, belum lagi masalah seperti overheat dan kurang optimalnya performa menjadi tugas Xiaomi dalam menyiapkan update firmware untuk mengatasinya. Namun, jika Anda ingin merasakan smartphone flagship, Xiaomi Mi 4i layak dicoba.

GSM Arena

Secara keseluruhan, kebanyakan orang cenderung memiliki harapan yang relatif rendah dari ponsel seperti Xiaomi Mi 4i. Terjangkau tanpa merasa murah, Beberapa hal yang menurut kami baik: desain, termasuk antarmuka, konektivitas dengan dukungan dual-SIM dan gambar yang sangat baik masih. Tidak semuanya sempurna, tetapi smartphone ini tidak akan membuat Anda rugi dengan harga yang Anda beli.

Nah.. Bagaimana? Tertarik untuk memilikinya?

Mungkin kalian bertanya, beli di mana yah?

Berdasarkan pengalaman BeMaks yang sudah sering belanja gadget keliling kota Makassar. Kalau kamu ingin belanja gadget lebih murah, kami  sarankan beli di Erafone.

Lokasi Erafone Megastore Makassar terletak di Jl. Ahmad Yani No. 37A- 37B Makassar. Lebih mudahnya klik link Google Maps ini untuk ke lokasi. Kalau kamu tidak sempat keluar untuk datang langsung. Kamu bisa belanja via Online di website Erafone.

Kenapa memilih Erafone? Berikut hasil pantauan BeMaks secara langsung di Erafone. Keunggulannya seperti apa saja? Beriktu penjelasannya:

1. Saat akan masuk ke toko Erafone Megastore,  kamu akan didampingi oleh sales mereka yang telah siap menyambut di depan pintu toko. Mereka akan menemani dan menjelaskan secara detail fitur dan keuntungan dari gadget yang kamu inginkan.

pegawa_erafone_yang_ramah

2. Suasana toko yang luas, nyaman, dan bersih. Erafone Megastore menyediakan berbagai merek/jenis gagdet, seperti tablet, smartphone. Mereknya pun beragam mulai dari Apple, Sony, Samsung, Xiaomi, Asus, Blackberry, Nokia, Huawei, Lenovo, dll.

Erafone_tempatnya_bersih  Erafone_tempatnya_nyaman Erafone_tempatnya_luas

3. Setiap hari ada promo dan penawaran harga yang menarik. 

Erafone_pricelist

Promo yang sedang berlangsung :

Sony Z Ultra 3.4 jt

Samsung E5 3.1 jt  Prime 2.3 Jt

iPhone 6+ ada Cashback 1 juta

Xiaomi Mi i4  2.8jt Klik disini untuk belanja langsung di Erafone
Xiaomi redmi 2 1.549 ada potongan harga 50rb jadinya cuma 1.499 rb

Zenfone 2 4gb cukup 4.2 jt
Zenfone 2 2gb cukup 2.9 jt

5. Pembayaran bisa menggunakan kartu debit dan kredit dengan cicilan 0%.

6. Jika Sales Tidak menawarkan hal menarik kepada Anda. Maka Customer berhak mendapatkan pulsa gratis senilai 50rb.

Erafone_pelayanannya_prima

 

7. Setelah belanja di sini Pelayanan Erafone tidak pernah putus. Erafone sudah siap memberikan pelayanan purna jual yang mantap. Penawaran garansi yang resmi dari TAM. Bahkan ada program proteksi untuk gadget kamu selama setahun jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecebur di air atau terjatuh. Akan ada kurir yang datang menjemput gadget kamu yang rusak.

erafone_keren

 

 

8. Kamu bisa langsung instal aplikasi di gadget-mu secara gratis tidak perlu bersusah-susah download sendiri. Bisa menghemat quota internet kamu kan?

9. Segala jenis ksesoris untuk gadget  kamu juga tersedia di Erafone.

Nah, sekarang kamu mengerti kan? Jadi ingat, Kalau mau belanja gadget lebih murah dan mudah itu sebaiknya di Erafone saja.

Terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca review ini hingga tuntas. Semoga bermanfaat.

The following two tabs change content below.
Graphic Designer | Living in His Reality and Dreams

Latest posts by Sam winaldi Junaib (see all)