Fakta Tentang Mie Kering Khas Makassar yang Mungkin Anda Tidak Ketahui

Sobat BeMaks, tahukah anda bahwa Mie Kering adalah masakan kuliner asli Makassar (Sulawesi Selatan) dan Tahukah anda bahwasannya Mie Kering ini cukup terkenal di Makassar. Kepopuleran Mie Kering tidak hanya di daerahnya saja namun hingga merambah ke kota-kota besar di Indonesia seperti di Jakarta.

“Faktanya adalah Mie Kering ini di identikkan dengan Mie Titi. Seperti menyebut odol itu Pepsodent atau air minum kemasan itu Aqua.  Mie Titi berhasil menjadi pemimpin pasar dengan membuka cabang dimana-mana. Usahanya berhasil? Tentu saja. Sekarang di setiap rumah makan bisa ditemukan menu Mie Kering. Dengan takaran atau rasa yang berbeda pula.”

Jika anda pernah berkunjung ke Makassar pasti anda akan menjumpai masakan kuliner yang cukup terkenal yaitu Mie Kering. Jika belum menjumpai atau belum menikmati kelezatan Mie Kering jangan bilang anda sudah pergi ke sana, cobalah mencari di warung-warung sekitar anda atau mintalah petunjuk ke warga sekitar warung mana yang menjual Mie Kering.

Sobat BeMaks, Konon asal muasal dari Mie Kering ini awalnya dibuat oleh Ang Kho Tjao yang merupakan seorang warga keturunan Cina yang tinggal di Makassar. Ang Kho Tjao kemudian mewariskan resep kuliner ini kepada ketiga anaknya dan menjadikan Mie Kering mulai terkenal sejak tahun 1970-an. Ang Kho Tjao memberikan pengetahuan tentang resep untuk tiga anaknya yaitu Hengky, ‘Awa, dan Titi.

Setelah Ang Kho Tjao meninggal,  bisnis Mie Kering dilanjutkan oleh anak-anaknya secara mandiri.  Titi itu adalah yang paling populer di Makassar, maka nama “Mie Titi” menjadi identik dengan Mie Kering Makassar. Mie Kering Di Makassar yang terkenal ada 4 yaitu Mie Titi, Mie Awa, Mie Hengky, dan Mie Anto.

Sejauh ini yang paling terkenal hingga ke nusantara adalah Mie Titi. Hingga kini sudah terdapat beberapa cabang di Makasar dan bahkan hingga ke Jakarta. Konon rasa dari Mie Kering ini cukup istimewa dan tak kan didapatkan pada mie lainnya. Harganyapun cukup terjangkau, untuk satu porsi Mie Kering ini dijual seharga 15 ribu hingga 20 ribu rupiah. Sangat murah jika dibandingkan dengan cita rasanya yang istimewa.

Namun Sobat BeMaks yang tinggal di wilayah agak jauh dari kota besar sepertinya anda harus bersabar apabila anda ingin menikmati mie lezat ini. Maka dari itu jika anda punya kompetensi memasak dan memang benar-benar ingin menikmati Mie Kering ini kami sarankan untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Sobat BeMaks, berikut ini tempat yang terkenal meghidangkan dan menjual Mie Kering di Makassar:

MIE TITI

Pusat: Jl. Datumuseng. Cabang: Jl. Perintis Kemerdekaan, Jl. Bumi Tamalanrea Permai (BTP), Jl. Boulevard Panakukkang , dan Jl. Irian.

MIE AWA

Pusat: Jl. Pattimura. Cabang: Jl. Sulawesi, Jl. Alauddin, dan Jl. Metro Tanjung Bunga (Trans Studio).

MIE HENGKY

Jl. Nusantara.

MIE ANTO

Jl. Bali.

Nah, Sobat BeMaks, itulah tadi artikel mengenai referensi dan fakta tentang Mie kering khas kota Makassar yang Mungkin Anda tidak ketahui. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang hidangan khas yang satu ini.

Mau coba Mie Titi tapi tidak ingin keluar rumah? Bisa pakai BTPdelivery (Hub. 0822-9191-1959), pesanan Mie Titi ta diantar langsung dari BTP.

Demikian artikel ini dibuat dari berbagai sumber referensi bacaan.

Source: www.earlly.com

Dokumentasi/Gambar: www.ngadem.com