Cara Merawat Touchscreen Smartphone

Fitur Touchscreen Smartphone sangat sensitif dan mudah sekali rusak meskipun tidak pernah jatuh atau terbentur benda keras. Adanya fitur Gorilla Glass di sejumlah smartphone terbaru memang menambah penjagaan akan ketahanan layar sentuh.

Tetapi fitur Gorilla Glass tidak dimiliki oleh seluruh jenis smartphone, maka perlu ada upaya manual dari penggunanya. Berikut cara merawat Touchscreen Smartphone Gadgeteers agar tetap kinclong dan mulus :

Memasang Screen Guard

Screen guard atau biasa disebut anti gores menjadi solusi ampuh dan juga umum untuk menjaga layar sentuh Gadgeteers tetap mulus tanpa goresan saat dipakai. Bahkan pelindung layar ini selalu menjadi aksesoris penting saat pembelian pertama smartphone. Meski sudah memiliki fitur Gorilla Glass, Screen Guard masih menjadi kebutuhan wajib untuk layar sentuh Gadgeteers.

Anti gores bisa didapatkan dengan harga bervariasi namun umumnya mulai Rp 15.000 sampai dengan Rp 75.000, tergantung pada kualitas yang diinginkan.

Tidak Menggunakan Kuku

Hindari memakai kuku saat mengoperasikan smartphone Gadgeteers karena salah-salah layar sentuh yang menjadi korban, misalnya kamu sedang makan dan jari kamu kotor , kamu pakai kuku untuk menyentuhnya, touchscreen smartphone dapat retak jika kuku Gadgeteers terlalu tajam. Layar sentuh dibuat untuk jari bukan kuku.

Hilangkan Kebiasaan Menekan Keras

Kebiasaan menekan keras layar smartphone jika dilakukan secara terus menerus dapat berpotensi merusak komponen. Adanya sensor canggih di setiap smartphone meski yang murah sekalipun sudah mampu mengerti perintah yang dimaksud, jadi menekan layar terlalu keras seperti menekan keyboard jelas bukan tindakan yang smart.

Jauhkan dari Benda Tajam dan Suhu Ekstrim

Hampir sama dengan point nomor 4, benda tajam seperti pisau, cutter, gunting dan lainnya dapat merusak layar sentuh smartphone anda. Selain itu, suhu yang ekstrim seperti suhu yang sangat panas maupun sangat dingin bisa menyebabkan kerusakan yang fatal pada layar smartphone dan komponen penting dalam smartphone itu sendiri. Maka dari itu, jauhkanlah smartphone anda dari benda benda tajam dan suhu ekstrim agar kejadian yang tidak diinginkan tidak akan terjadi.

Hindarkan dari Benturan

Agar smartphone layar sentuh tetap awet dan tahan lama, hindarkan smartphone Anda ini dari segala macam bentuk benturan. Goresan juga perlu dihindari, untuk itu cobalah untuk memasang screenguard demi menghindari goresan pada layar. Goresan dan benturan, selain dapat merusak bentuk juga tampilan smartphone, hal ini juga bisa merusak sistem mekanisme dan fitur andalan smartphone. Taruhlah smartphone pada tempat yang longgar dan jauh dari ancaman goresan maupun benturan. Membelikan wadah sendiri untuk smartphone Anda setidaknya lebih baik agar mendapati samratphone yang tetap awet dan tahan lama.

The following two tabs change content below.

Muhammad Iqbal Syafri

Mahasiswa Abadi - gag jelas kapan wisuda | Web Developer | Typist 10 Fast Fingers |