4 Pemain Sepakbola yang Tetap Berpuasa Walau Sedang Bertanding

rs_hiltl_euro08_e1

Laga Liga Champions dan FA baru saja telah usai, namun bukan berarti Laga di Benua Biru benar benar telah selesai begitu saja. Masih ada kualifikasi Piala Eropa 2016 yang siap menanti para pemain dan klub untuk berlaga.

Berlaga dengan si kulit bundar selama 2×45 menit tentulah menuntut stamina dan kosentrasi yang prima dari pemain. Saat hari biasa saja orang normal masih merasa kecapekan setelah bermain sepak bola, apalagi kalau kita bermain sepakbola di saat berpuasa? tentu hal tersebut sangat melelahkan.

Tapi hal itu sepertinya tidak berlaku bagi 4 pemain sepakbola dibawah ini. Ya, mereka memilih tetap menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan walau harus ikut bermain dalam pertandingan. Mereka juga adalah pemain top kelas eropa yang dikenal sebagai sosok yang religius, Siapakah saja mereka?

1. Frank “Bilal” Riberry

Siapa yang tak kenal Pemain sayap Bayern Munchen asal Prancis ini? Frank “Bilal” Ribery digambarkan sebagai pemain yang “cepat, rumit dan menggiring bola yang sangat baik”. Sejak bergabung dengan Bayern, ia telah diakui di tingkat dunia sebagai salah satu pemain Prancis terbaik dari generasinya. Bahkan Legenda  Zinedine Zidane pun pernah menyebut menyebut Ribery sebagai “permata sepakbola Prancis”.

Tapi dibalik karirnya yang gemilang, Riberry dikenal sebagai sosok pemain yang religius. Terbukti ketika dirinya sempat marah saat rekan setimnya menyiramnya dengan beer saat perayaan kemenangan Bayern Munchen. Dia juga terbiasa menjalankan puasa di Bulan Ramadhan.

2. Karim “Mostafa” Benzema

Penyerang dari Klub Real Madrid ini adalah salah satu icon pemain muslim yang berjaya di Benua Eropa. Karir professionalnya dimulai dari klub Lyon Perancis dan  kemudian hijrah ke klub asal Spanyol Real Madrid. Pria keturuna Aljazair ini juga merupakan pemain Timnas andalan Perancis yang sempat dianugerahi gelar Pemain Perancis Terbaik oleh majalah France Football.

Tidak hanya itu Kari Benzema memiliki kebiasaan mulia, yakni mendengarkan Al Qur’an sebelum bertanding. Dan dia pun tetap memilih untuk berpuasa meski sedang dalam dalam laga pertandingan.

3. Sami Khedira

Sempat membela Timnas Jerman di Piala Dunia Afrika Selatan pada tahun 2010 silam. Kini Mantan Gelandang Real Madrid tersebut resmi bergabung di tim “Nyonya Tua” Juventus.

Sifat Religius Sami Khedira diturunkan diwariskan dari Orangtuanya yang merupakan Imigran dari Tunisia. Sami Khedira juga adalah salah satu Pemain yang teguh menjalankan ibadah Puasa Ramadhan.

4. Yaya Toure

Pengalaman seorang Yaya toure jangan diragukan lagi, sekian lama malang melintang di klub klub besar eropa seperti Olympiacos, Monaco hingga Barcelona kini ia memantapkan dirinya untuk bermain di klub Manchester City sebagai Pemain tengah. Toure dikenal atas perpaduan kecepatan, kemampuan passing, kekuatan fisik dan teknik yang dimilikinya. Ia merupakan seorang pemain serbaguna. Ia pernah ingin menjadi striker selama masa mudanya, dan pernah bermain sebagai bek tengah, termasuk saat bermain untuk untuk FC Barcelona di Final Liga Champions UEFA 2009.

Pemain timnas Pantai Gading ini adalah seorang Muslim yang taat, ia pernah menolak tawaran untuk meminum sampanye saat pesta perayaan kemenangan tim. Ketaatannya terhadap ajaran agama makin terlihat ketika ia memlih untuk tetap berpuasa di bulan Ramadhan.

Sudah sepantasnya kita sebagai Muslim salut akan perjuangan mereka yang memilih tetap berpuasa di Bulan Ramadhan walaupun dalam keadaan harus bermain dan sewajarnya kita malu pada diri sendiri apabila kita sering mengeluh “lapar” dan “haus” dikala berpuasa padahal aktivitas kita tak sepenat seperti pemain sepakbola diatas.

Semoga kita bisa menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan tahun ini dengan lebih Khusyuk….

(bigins/dari berbagai sumber)

The following two tabs change content below.
Graphic Designer | Living in His Reality and Dreams

Latest posts by Sam winaldi Junaib (see all)