10 Waktu Mustajab Diterimanya Doa

Berikut 10 waktu Mustajab Diterimanya Doa

1. Antara waktu Adzan dan Iqamat

Antara waktu Adzan dan Iqamat adalah waktu yang mustajab diterimanya doa.

Nabi bersabda ” Doa yang tidak akan ditolak, antara adzan dan iqamat”. (Tirmidzi, 1/212, hadits hasan shahih).
Nabi bersabda “Dua waktu yang tidak akan ditolak doa padanya: ketika iqamat untuk shalat dan ketika berdiri dalam barisan perang di Jalan Allah” (Ibnu Hibban, 5/1764)

2. Saat Sujud

Saat melaksanakan sujud ketika shalat merupakan kondisi yang mustajab untuk berdoa.

Nabi bersabda “(Keadaan) paling dekat antara hamba dan Tuhannya ialah ketika dia bersujud, maka perbanyaklah berdoa. (Muslim, 1/482)

3. Setelah Shalat Wajib

Setelah menunaikan shalat wajib, hendaknya seorang Muslim tidak bergesa meninggalkan tempat shalat, tetapi ia harus memperbanyak doa. Setelah Shalat Wajib adalah waktu yang mustajab diterimanya doa

Dari Abu Umamah, Rasulullah SAW pernah ditanya: “Kapan suatu doa paling didengar (oleh Allah SWT)?” Beliau Menjawab, “Di pertengahan malam terkahir dan setelah shalat wajib.” (Tirmidzi, 5/3499, hadits hasan)

4. Suatu waktu di malam hari

Doa pada satu waktu yang dirahasiakan Allah SWT di malam hari.
Sebagaimana dijelaskan dalam sabda Nabi :

“Sesungguhnya pada malam hari terdapat satu waktu, tidaklah seorang muslim beroda pada waktu itu, untuk urusan duni dan akhiratnya, melainkan Allah SWT akan memberikannya. Dan itu ada di setiap malam. (Muslim, 1/757)

5. Sepertiga malam terkahir

Doa di pertengahan malam terakhir merupakan doa yang mustajab.

Rasulullah SAW bersabda:

“Rab kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga waktu malam, kemudian Dia berkata, ‘Siapa pun yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan, siapa pun yang meminta kepada-Ku akan aku penuhi, siapa pn yang meminta ampun-Ku akan Aku ampuni’.”(Shahih Bukhari, 1/1094; Muslim 1/758).

6. Saat mendengar ayam jantan berkokok

Doa ketika mendengar ayam jantan berkokok.

Rasulullah SAW bersabda:

“Jika kalian mendengar kokok ayam jantan, maka mintalah kepada Allah dari karunia-Nya, karena ia melihat malaikat. (Shahih Bukhari, 3/3127; Muslim, 4/2729)

7. Doa di saat matahari tergelincir sebelum masuk waktu Zhuhur

Doa setelah matahari tergelincir tetapi belum masuk waktu Zhuhur adalah doa yang mustajab. Di waktu tersebut Rasulullah SAW sering melaksanakan Qabliyah Zhuhur empat raka’at.

Ketika seorang bertanya, Rasulullah bersabda:

“Pada waktu tersebut, pintu-pintu langit terbuka, dan paling aku sukai agar amal shalih naik saat itu. (Tirmidzi, 2/478, hadits hasan gharib)

8. Hari Jum’at

Di Hari Jum’at terdapat satu waktu yang Allah SWT akan mengabulkan semua permintaan dan doa jika seorang Muslim berdoa di waktu itu.

Dari Abu Hurairah, Rasullah SAW menyebut hari Jum’at dan beliau mengatakan:

“Pada hari itu terdapat satu waktu, jika pada waktu itu kedapatan seorang Muslim sedang menunaikan shalat dan memohon kepada Allah Ta’ala tentang sesuatu, maka pasti Allah akan memberikan kepadanya. (Muslim, 2/852)

9. Bulan Ramadhan

Seorang Muslim harus memperbanyak doa di bulan Ramadhan karena doa di bulan Ramadhan merupakan doa yang mustajab. Ketika Ramadhan tiba Rasulullah SAW bersabda:

“Telah datang kepda kalian bulan yang berkah, Allah telah mewajibkan puasa di bulan itu. Pintu-pintu langit akan dibukakan, pintu-pintu Jahannam ditutup, dan godaan-godaan setan dijauhkan. Demi Allah, pada bulan itu terdapat satu maalm yang lebih baik daripada seribu bulan. Siapa yang tidak mendapatkan kebaikan pada malam itu, maka sungguh dia tidak mendapatkan kebaikan yang sangat besar. (an-Nasa’i, 4/2106)

10. Doa ketika meminum Air Zamzam

Ketika hendak meminum Zamzam, hendaklah seorang Muslim berdoa bagi kebaikan dunia dan akhirat.

Rasulullah SAW bersabda:

Air Zamzam itu tergantung dari (niat atau doa) ketika meminumnya. (Ibnu Majah, 2/3062)

Demikian tadi waktu mustajabnya berdoa.

Mari kita perbanyak berdoa untuk kebaikan dunia dan akhirat.

The following two tabs change content below.
Graphic Designer | Living in His Reality and Dreams

Latest posts by Sam winaldi Junaib (see all)